Inilah Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Kulit

Inilah Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Kulit - Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyehatkan badan. Terkadang banyak orang yang memanfaatkan waktu pagi untuk berolahraga. Tetapi tidak hanya berolahraga, waktu pagi juga bisa Anda manfaatkan untuk berjemur. Inilah waktu yang paling tepat untuk Anda bisa mendapatkan manfaat dari berjemur, karena pada waktu ini sinar matahari mengandung sinar UV yang bisa dijadikan vitamin D ketika menyentuh permukaan kulit Anda. Manfaat dari vitamin D sendiri adalah untuk metabolisme kalsium, imunitas tubuh, dan mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda luangkan waktu selama 15 menit untuk berjemur dan lakukan sebelum pukul 10.00. Setidaknya lakukan ini selama dua sampai tiga kali seminggu. Pada kesempatan kali ini, Tipskesehatan-ku akan berbagi informasi tentang manfaat berjemur sinar matahari untuk kulit kita.

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Kulit

Manfaat Pajanan Sinar Matahari untuk Kulit

Vitamin D tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia dengan sendirinya. Adanya vitamin D juga terbatas karena hanya beberapa makanan tertentu yang mengandung vitamin D. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan pajanan sinar matahari dengan baik karena itu adalah salah satu cara mendapatkan vitamin D dengan mudah. Mendapat asupan vitamin D yang cukup bisa membantu tubuh Anda terhindar dari beberapa penyakit seperti tuberkulosis, multiple sclerosis, osteomalacia, rheumatioid arthritis, dan diabetes tipe 1. Sinar matahari juga bisa menjaga dan merawat kesehatan kulit, ini dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh karena itu, sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, sakit kuning, dan psoriasi. Tetapi, terapi radiasi sinar UV ini tidak bisa dilakukan oleh semua penderita. Disarankan terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter yang terkait.

Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari juga bisa berefek buruk terhadap kulit. Oleh karena itu, sebelum Anda berjemur gunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor/SPF untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Lotion SPF juga bisa Anda gunakan untuk lotion pemutih badan. Tetapi, sebelum Anda menggunakan lotion SPF terlebih dahulu berkonsultasi kepada ahli kulit.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membuat Anda nyaman dan aman berjemur di bawah sinar matahari.
• Gunakan lotion kulit yang mengandung setidaknya SPF 24 tau diatasnya
• Aplikasikan lotion SPF sebelum keluar rumah. Sekitar 20-30 menit sebelum keluar.
• Hati-hati juga terhadap kadaluwarsa produk lotion, supaya khasiatnya tetap terjamin.
• Simpan lotion di tempat yang terhindar dari sorotan sinar matahari. Bisa juga di ditempat yang sejuk.
• Jangan lupa, bahwa lotion SPF hanya bisa melindungi kulit dari terik matahari selama beberapa waktu saja. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengoleskan lotion kembali. Anda juga disarankan untuk mengulang pemakaian lotion yang mengandung SPF tiap dua jam, setelah berenang, berkeringat banyak, dan setelah menggunakan handuk.

Baca Juga : Inilah Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya


Jika Anda sudah mengetahui beberapa manfaat dari sinar matahari, jangan lupa untuk memanfaatkan sinar matahari dengan baik yaitu dengan berjemur di waktu tertentu. Sinar matahari manfaatnya juga tidak hanya itu, sinar matahari juga dipercaya bisa memberika rasa bahagia karena sinar matahari memproduksi hormon kebahagiaan yaitu hormon serotonin. Manfaatkan waktu pagi Anda dengan baik, dan Anda jangan takut lagi kepada sinar matahari. Jangan sia-siakan waktu yang dapat menyehatkan kulit Anda dari beberapa penyakit.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memanjakan badan Anda di bawah sinar matahari pada waktu pagi. Jangan sampai Anda melewatkan hal ini. Dan, bagi yang ingin memiliki kulit tetap kencang konsumsilah buah dan sayur serta lakukan berjemur di pagi hari secara rutin. Sobat Tipskesehatan-ku, silakan dicoba beberapa manfaat sinar matahari bagi kulit kita. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share artikel kesehatan terbaru ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Kecantikan
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Kulit"

Contact Form

Name

Email *

Message *